20 Januari 2021 3:57 pm

CARA MENGAMBIL SARANG LEBAH

CARA MENGAMBIL SARANG LEBAH
Setelah merawat serta memelihara sarang lebah, dan jika waktunya telah tiba maka proses selanjutnya adalah memanen madu. Memanen madu tentu harus benar serta tidak boleh sembarangan, ada step-stepnya yang harus diikuti. Berikut step-stepnya:

  • Mengambil Sarang Lebah
Panenlah madu sekitar pukul 09.00 – 16.00 karena pada tentang waktu itu sebagian besar lebah akan pergi meninggalkan sarang untuk mencari makan. Hasil panen dipengaruhi juga oleh musim. Pada musim gugur misalnya, para lebah akan menyiapkan makanan untuk ratunya sehingga ruang pada sarangnya akan dibuat kosong. Pada saat itu lebih baik anda memanen madu sebelumnya. Biasanya memanen baik saat dua hingga tiga minggu setelah nektar utama mengalirkan madu.

  • Pakailah Pakaian Pelindung
Tidak ada yang tahu kapan lebah akan menyerang kita. Alangkah baiknya untuk berjaga-jaga kita menggunakan pakaian pelindung, Paling tidak, pastikan Anda mengenakan sarung tangan tebal hingga siku, topi bertudung, dan pakaian terusan yang tahan terhadap lebah. Anda juga sebaiknya mengenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang.

  • Usir Lebah dengan Asap
Nyalakan mesinnya lalu embuskan asap sedikit saja ke sekeliling bagian atas serang, lalu buka bagian batasnya dan embusan ke dalam sesuai kebutuhan Anda. Asap dapat memengaruhi rasa madu, jadi, jika Anda masih mengembuskan asap ke arah sarang lebah setelah sebagian besar lebah mengumpul di dasarnya, rasa madu yang dihasilkan akan rusak.

  • Buka Sarang Lebah
Buka bagian penutup atas sarang lebah, gunakan alat. Alat ini mirip linggis berukuran kecil. Tujuan menggunakan alat ialah agar memudahkan Anda saat membukanya karena lapisannya cukup kuat.

  • Lepaskan Lebah dari Sarangnya
Mungkin masih ada beberapa ekor lebah yang menempel di sekitar bingkai sarang yang ingin Anda ambil. Salah satu cara paling aman untuk mengusir lebah ini adalah menggunakan peniup gas berukuran kecil atau peniup udara elektronik.

  • Buka Sarang Lebah
Gunakan pisau, garpu, atau pisau mentega yang tumpul karena lilin lebah membuat sarang lebah menempel pada bingkainya untuk mengelupas lilin tersebut dan membuka kedua sisi bingkai sarang lebah.

  • Pindahkan Sarang Lebah ke Ruang Tertutup
Jika dibiarkan terpapar udara terbuka, lebah di sekitarnya akan tertarik pada aroma sarang lebah dan akan mengumpul di sana. Lebah-lebah itu akan berusaha mengambil dan menikmati madu, akibatnya proses ekstraksi madu akan lebih sulit Anda lakukan dan hasilnya akan lebih sedikit.
Blog Post Lainnya
OUR SOCIAL MEDIA
CONTATC US (Chat Only)
+6282252345650
official@javahoney.id
CERTIFIED SNI 3545:2013 - BBTPPI
PAYMENT METHOD
Copyright 2021 - Java Honey Indonesia
All Rights Reserved