21 Januari 2021 4:06 pm

MADU BISA BASI, BENARKAH??

MADU BISA BASI, BENARKAH??
Saat berbelanja di supermarket atau warung terdekat Anda mungkin memperhatikan pada kemasan madu tercantum tanggal kadaluwarsa. Hal ini membuat banyak orang percaya bahwa madu bisa basi. Tapi pada kenyataannya, madu dalam bentuk paling murni dan alami tanpa tambahan apapun tidak bisa basi.

Madu murni sangat tinggi gula. Bahkan, 80% kandungan madu terdiri dari gula alami. Tingginya gula ini menghambat pertumbuhan berbagai jenis mikroba, seperti bakteri dan jamur. Selain itu, kandungan air dalam madu sangat sedikit yang membuat teksturnya sangat kental. Kekentalan ini membuat gula tidak dapat terfermentasi dan oksigen pun tidak mudah larut ke dalamnya. Dengan begitu, mikroba penyebab makanan busuk tidak dapat tumbuh apalagi berkembang biak.

Mungkin madu murni anda basi karena cara penyimpanannya yang salah. Agar madu tahan lama, simpan dalam wadah kedap udara dengan tertutup rapat. Simpan di tempat yang sejuk dan kering, dalam suhu ruangan sekitar -10° hingga sekitar 20º Celsius. Jangan biarkan madu dalam keadaan terbuka sehingga terpapar oleh lingkungan luar dan meningkatkan risiko kontaminasi bakteri dari udara sekitar. Membiarkan kemasan madu terbuka lama juga dapat meningkatkan kadar airnya, sehingga madu terfermentasi dan cepat basi.
Blog Post Lainnya
OUR SOCIAL MEDIA
CONTATC US (Chat Only)
+6282252345650
official@javahoney.id
CERTIFIED SNI 3545:2013 - BBTPPI
PAYMENT METHOD
Copyright 2021 - Java Honey Indonesia
All Rights Reserved